-->

Pentingkah Peran Artis/Publik Figur Dalam Iklan Testimonial? Hal Apa Saja yang Perlu di Perhatikan!


Periklanan testimonial merupakan bentuk promosi yang menggunakan tokoh selibritis, tokoh masyarakat, maupun konsumen yang ditampilkan bersama produk yang bersangkutan. Iklan testimonial sangat dekat dengan tokoh terkenal, baik itu artis, tokoh masyarakat, olahragawan, atau yang lainnya. Semuanya di cap sebagai “publik figur,” karena sudah dikenal masyarakat. Akhirnya banyak kreator iklan menggunakan publik figur dengan harapan dapat mencapai brand awareness yang tinggi. pada faktanya Iklan testimonial sampai sekarang masih menjadi salah satu andalan para kreator iklan dalam menuangkan pesan visualnya. Pendekatan kreatif dengan menampilkan iklan testimonial yang tokohnya merupakan publik figur atau bintang terkenal diposisikan sebagai personifikasi dari sang bintang.
Baca Juga :

Peran Artis/Publik Figur Dalam Iklan Testimonial

Lalu apakah penggunaan publik figur dalam iklan testimonial lebih menguntungkan ?
dan Apakah peran publikfigur (sudah) mewakili produk yang dibawakan?
Tentu, pemilihan ide kreatif dengan publik figur sebagai pesan visualnya harus diperhitungkan matang-matang . Artis top markotop belum tentu menjamin produknya ikut ngetop, bahkan belum menjamin bahwa produknya laris terjual.

Pada dasarnya iklan digunakan sebagai sarana informasi dari produsen kepada konsumen, periklanan merupakan salah satu pilar penting untuk mencapai tujuan pemasaran, baik untuk menggerakkan konsumen untuk membeli atau untuk membentuk citra merek dalam ingatan konsumen sekarang, besok maupun jauh-jauh hari.
Iklan dipelbagai media misalnya, Internet (Adword, Facebook Ads,Intagram Ads dan lain-lain) televisi, surat kabar dan radio dibuat untuk menonjolkan kelebihan produk yang ditawarkan . Untuk itu perlu daya pikat tersendiri agar dapat memberikan brand image kepada konsumen.

Umumnya menurut Djajakusumah (1982) ada 6 factor yang dapat mempengaruhi konsumen agar memperhatikan iklan:
1. Permanent interest, menyangkut kepribadian orang yang bersangkutan, misalnya pemusik berkecenderungan melihat iklan musik .
2. Immediate concers, perhatian timbul karena membutuhkan
3. Spon of attention, kemampuan seseorang terbatas sekali dalam melihat obyek pada suatu saat.
4. Flucultion attention, seseorang tidak dapat berkonsentrasi dalam waktu yang lama untuk memperhatikan sesuatu .
5. Attitute and opinion, perhatian seseorang akan mendukung sikap dan pendapatnya, mereka cenderung menghindari kata-kata yang bertentangan dengan sikapnya.
6. Need, kebutuhan dapat mempengaruhi perhatian.

Djayakusumah merinci 5 faktor yang dapat mempengaruhi perhatian konsumen menangkap pesan Iklan antara lain :
1. Faktor keindahan, iklan yang secara visual terlihat artistik lebih menarik perhatian.
2. Faktor kejelekan, iklan yang secara visual sangat jelek akan menarik perhatian seseorang, meskipun ia tidak akan menyenangi tetapi ia akan teringat akan pesan itu.
3.Faktor kebosanan, iklan yang ditampilkan secara terus menerus dan dimana- mana akan menimbulkan kebosanan .
6. Faktor kontras dan mudah diingat, iklan yang mempunyai tatanan warna simpel, kontras dengan ciri khas produksi atau gambar logo yang mudah diingat akan lebih mempengaruhi daya tarik .
7. Faktor tokoh, tokoh yang dikenal dalam masyarakat lebih mempunyai daya tarik.
Baca Juga:

Menampilkan seorang atau lebih yang merupakan pemakai langsung sebuah produk, menyampaikan berita atau kesan-kesan baik tentang produk yang bersangkutan itulah iklan testimonial. Model baju atau cara berdandan yang dipakai publik figur utamanya selebritis sepertinya punya daya hipnotis tersendiri untuk mempengaruhi orang cepat meniru dengan meniru mereka berharap sedekat mungkin dapat menyamakan diri seperti karakter publik figur idolanya.

"Banyak iklan yang hanya mendompleng popularitas ketenaran dari artis yang bersangkutan"
"Pemilihan bintang iklan sebagai publik figur sangat berpengaruh pada citra merek."
"Bintang yang mempunyai masalah juga bisa menurunkan citra merek"

Produk mempunyai karakter dan positioning tersendiri seperti Marlboro diposisikan sebagai rokok pria, jantan, dinamis, macho. Sampai detik ini Sari Ayu Martha Tilaar diposisikan sebagai produk wanita, lembut, peduli perawatan tubuh (khas keraton) dan lain-lain dan Sabun Lux diposisikan sebagai sabun kecantikan bintang-bintang film terkenal. Semua karakteristik manusia yang dipersonifikasikan pada sebuah merek produk disebut personalitas merek. Tampilan sebuah iklan menjadi menarik karena pengambilan model iklan yang sesuai. Disini karakter produk sebisa mungkin mirip dengan karakter tokoh yang membintangi iklan tersebut. Hal ini sekaligus akan sangat berpengaruh pada citra merek .

Peran Artis/Publik Figur Dalam Iklan Testimonial

Konsep pembuatan iklan yang terkesan asal-asalan menyebabkan komunikan tidak mampu mengingat merek yang diiklankan. Begitu juga iklan testimonial yang menggunakan “publik figur” sebagai bintang yang dapat menjual belum tentu merek yang ia bawakan mampu diingat target audien.

Setiap publik figur mempunyai karakter sendiri, baik yang terbentuk lewat film yang dibintanginya maupun kehidupan pribadinya. Memilih model iklan harus melihat konsistensi antara karakter artis dengan karakter merek seperti Deddy Mizwar yang kebapakan sangat sesuai sekali membawakan iklan Promag.

Peran Artis/Publik Figur Dalam Iklan Testimonial

Pemilihan publik figur dalam iklan testimonial juga perlu memperhatikan efek psikologis terhadap produk yang dibintanginya. Salah satu efek psikologis adalah kecenderungan anak untuk meniru. Perilaku anak-anak juga seperti perilaku remaja. Jika idola mereka menggunakan satu produk maka mereka menuntut untuk memakainya. Apakah ini berlaku juga untuk orang dewasa ?. Komunikan dewasa lebih kritis dan teliti sebelum membeli produk, termasuk kritis dalam menyikapi bintang iklan yang membawakannya.
Baca Juga:

Intinya, penggunaan publik figur dalam iklan testimonial perlu diperhitungkan kembali karena komunikan sudah mulai kritis.

Source:
Deddi Duto Hartanto, Dosen Jurusan Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni dan Desain - Universitas Kristen Petra

0 Response to "Pentingkah Peran Artis/Publik Figur Dalam Iklan Testimonial? Hal Apa Saja yang Perlu di Perhatikan!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel