-->

7 Cara Termudah Melakukan Strategi Branding Untuk Usaha Sendiri

Sebagai pondasi membangun nama baik usaha atau perusahaan sebuah brand tentu didasari oleh sebuah identitas yang kuat. Selain itu focus berjalan pada tujuan utama dalam membangun sebuah brand dan tidak keluar dari brand itu sendiri adalah faktor yang di nilai cukup penting.

Strategi Branding itu bagaimana, apa, kapan, dan kepada siapa kita berencana untuk mengkomunikasikan produk atau jasa kita. Memiliki Branding Strategy yang jelas dan ringkas menyebabkan ekuitas merek secara keseluruhan lebih kuat. Bagaimana orang mengetahui atau mengenal produk Anda, dan berapa banyak mereka bersedia membayar untuk itu.

Inilah 7 Cara Termudah Melakukan Strategi Branding Sendiri

1. Buatlah Brand Melekat pada Identitas Produk
Produk yang kuat adalah produk yang memiliki identitas brand yang kuat. Mengapa Brand harus melekat pada identitas produk anda? Setiap orang belum terlalu sadar dengan apa yang dirancang oleh perusahaan yang bersaing secara inovatif. Mereka bersaing untuk memenangkan persaingan dan mendapat lebih banyak konsumen yang menggunakan produk mereka. Pernahkah terlintas di benak anda, ada apa di balik semua inovasi yang ada saat ini. Jawabnya adalah Branding Strategy. Contoh halnya seperti Apple, perusahaan ini terkenal karena identitas brand yang dimilikinya.
Pernahkah anda menyebut iPad dengan kata Tablet?
Pernahkah anda menyebut nama PC untuk iMac?
Pernahkah anda menyebut nama Smart Phone untuk iPhone?
Sudah mengerti bukan? Apple menciptakan produk dengan nama sendiri. Sungguh identitas yang sangat kuat!

2. Tetap Konsisten
Tetap konsisten artinya anda harus tetap memegang teguh komitmen anda dan bisnis anda. Jika anda punya akun social media seperti facebook instagram atau twitter, janganlah anda memposting atau membagi tulisan bahkan upload foto yang tidak berkaitan dengan tema bisnis anda, jangan membuat para penggemar anda bingung.
Anda juga harus menemukan perbedaan perusahaan anda dari para pesaing anda. Itulah yang membuat anda dapat mempertahankan eksistensi anda agar tetap konsisten.

3. Hubungkan Pemikiran & Emosional
Semua orang tidak mengetahui apa yang mereka benar-benar cari. Disinilah tugas anda untuk berusaha menebak, apa kebutuhan konsumen.
Anda harus membuat orang-orang berkata “Wah, ternyata ini yang saya cari”. Anda bagaikan seorang penemu dan akan melekat pada otak dan alam bawah sadar konsumen.
Misalnya saja, anda sedang berkendara di jalan. Anda melihat motor besar dengan suara keras dan besar juga. Apa yang ada di pikiran anda? Ya, itu adalah motor Harley Davidson.

4. Memberi Apa yang Orang Cari
Sesungguhnya dari semua yang konsumen cari adalah kepuasan atas jasa ataupun produk yang baik. Perkaya diri anda dengan soft skill dan
jangan ragu untuk menerima masukkan konsumen.

5. Lakukan Analisis
Analisis atau analisa adalah hal yang berhubungan dengan monitoring atas statistik atau pergerakan secara riil berdasarkan waktu yang ditentukan. Berdasarkan hasil analisis tersebut anda dapat melakukan perbandingan dan mengetahui posisi perusahaan atau brand anda. Apakah ada kesempatan untuk naik atau anda malah turun. Intinya adalah sebagai monitoring dan melihat peluang.

6. Jadilah Fleksibel
Di zaman seperti sekarang, semakin banyak lahir media komunikasi yang dapat diakses dimana-mana. Seperti website dan media sosial facebook, twitter, google+, dll. Sangat membantu kita dalam berkomunikasi antar sesama.

7. Belajar dari Para Pesaing
Jadikan kompetisi sebagai tantangan untuk meningkatkan strategi Anda sendiri dan menciptakan nilai yang lebih besar pada merek Anda secara keseluruhan. Anda berada dalam bisnis yang sama dan pelanggan yang sama, kan? Jika anda melihat dari apa yang pesaing anda lakukan. Apakah beberapa dari taktik mereka berhasil? Apakah beberapa gagal? Susun strategi atau taktik Anda berdasarkan pengalaman mereka untuk membangun brand yang lebih baik.

Tetapi hal ini bukan berarti anda harus sepenuhnya meniru pesaing anda, lakukan sedikit kreatifitas dan inovasi dalam berkarya. Percayalah dengan kemampuan anda, bahwa dengan tampil beda orang lain akan melihat anda memiliki identitas yang sangat kuat.

Demikian 7 Cara Termudah Melakukan Strategi Branding Untuk Usaha Sendiri semoga bermanfaat.

Apakah anda mempunyai cara lain untuk melakukan Branding Strategy Anda tuliskan di komentar?

0 Response to "7 Cara Termudah Melakukan Strategi Branding Untuk Usaha Sendiri"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel