Mengenal Pengertian, Fungsi dan Tujuan Periklanan Menurut Para Ahli
Jumat, 17 November 2017
Add Comment
Secara umum iklan dapat
diartikan sebagai bentuk kegiatan dalam mengkomunikasikan, menarik perhatian
dan membujuk sebagian atau seluruh
masyarakat untuk mengambil tindakan dalam merespon ide, barang, atau jasa yang dipresentasikan.
Menurut mereka?
Pengertian Iklan Menurut Dewan Periklanan
Indonesia (DPI) (2007: 16) “Iklan merupakan pesan komunikasi pemasaran atau
komunikasi publik tentang sesuatu produk
yang disampaikan melalui
suatu media, dibiayai oleh
pemrakarsa yang dikenal,
serta ditujukan kepada sebagian atau seluruh masyarakat.
Arens dalam Junaedi (2013:
109) mengungkapkan bahwa “Iklan sebagai struktur dan komposisi komunikasi
informasi yang bersifat nonpersonal, umumnya dilakukan dengan berbayar yang
dicirikan dengan persuasif, berisi tentang produk (barang, jasa, dan ide) yang
diidentifikasikan sebagai sponsor melalui berbagai media.
Junaedi (2013: 110)
menjelaskan bahwa komponen-komponen dalam definisi tentang iklan yaitu :
a) Suatu bentuk komunikasi. Secara aktual, iklan
dibentuk dengan sangat terstruktur dari komunikasi verbal maupun non verbal
yang disusun untuk memenuhi format waktu dan ruang yang spesifik yang
ditentukan oleh pihak sponsor.
b) Iklan diarahkan pada kelompok khalayak dan
bukan ditujukan pada individu tertentu.
Dikarenakan tujuan yang
lebih mengarah pada kelompok
inilah iklan lebih
bersifat non personal atau
merupakan bentuk dari komunikasi massa.
Junaedi (2013: 111) mengungkapkan bahwa “Iklan harus menggunakan medium untuk mencapai khalayak. Medium iklan adalah media yang dibayar oleh pemasang iklan untuk meletakan iklannya sehingga mampu menjangkau khalayak luas, dari medium inilah dikenal berbagai bentuk iklan yang digunakan, seperti iklan radio, televisi, koran, iklan luar ruang dan sebagainya .
Secara jelas, iklan merupakan suatu pesan persuasif untuk komunikasi pemasaran atau komunikasi publik tentang sesuatu produk (barang, jasa, atau ide) yang disampaikan melalui media, dibiayai oleh pemrakarsa serta ditujukan kepada sebagian atau seluruh masyarakat. Iklan juga sebagai betuk komunikasi massa, dimana iklan terjadi bukan melalui proses tatap muka sebagaimana komunikasi interpersonal. Iklan dilakukan melalui medium, sebagaiman yang disebutkan di atas.
Tujuan Iklan Menurut Mereka
Iklan dibuat dengan tujuan
sebagai media untuk mendorong hard sell yang bagus. Untuk mencapai hal ini,
secara minimal iklan harus mempunyai kekuatan untuk mendorong, mengarahkan, dan
membujuk khalayak untuk mengakui kebenaran pesan dari iklan, dan secara
maksimal dapat mempengaruhi kesadaran khalayak untuk mengkonsumsi produk dan
jasa yang diiklankan.
Menurut Junaedi (2013: 113)
tujuan iklan yaitu:
a) Sebagai media informasi
Iklan ditujukan untuk
menginformasikan suatu produk barang dan jasa kepada khalayak. Tidak hanya
dalam produk tetapi juga hal lainnya.
b) Untuk Mempengaruhi konsumen
Iklan dapat mengarahkan
konsumen untuk mengkonsumsi produk barang atau jasa tertentu, atau mengubah
sikap agar sesuai dengan apa yang diinginkan oleh pengiklan.
c) Untuk mengingatkan konsumen Iklan ditujukan
agar konsumen selalu mengingat produk tertentu sehingga tetap setia
mengkonsumsinya.
Tujuan Iklan Menurut Mereka?
Adapun tujuan periklanan menurut Terence A.
Shimp dalam Mahanani (2003:357) adalah sebagai berikut:
1. Memberikan informasi (Informing)
Iklan berfungsi
menginformasikan mengenai ciri-ciri produk serta kegunaannya. membuat konsumen
menyadari adanya produk.
2. Membujuk dan mempengaruhi (Persuading)
Terkadang bujukan tersebut
mengambil bentuk dengan cara mempengaruhi permintaan primer (Primary Demand),
yaitu menciptakan permintaan bagi seluruh kategori produk. Tetapi yang lebih
sering, iklan berusaha iklan berusaha untuk membangun permintaan sekunder
(Secondary Demand), yaitu permintaan terhadap merek dari produk perusahaan
harus dapat membujuk konsumen untuk mencoba.
3. Mengingatkan (Reminding)
Iklan juga dapat menjaga
agar merek perusahaan tetap segar dalam ingatan konsumen.
4. Memberikan nilai tambah (Adding Value)
Ada tiga cara utama
bagaimana perusaahaan dapat menambah nilai bagi produk mereka, antara lain:
a) Melakukan inovasi meningkatkan kualitas dan
menambah nilai bagi produk dan merek tertentu dengan mempengaruhi persepsi
konsumen.
b) Iklan yang efektif
menjadikan merek dipandang sebagai sesuatu yang elegan.
c) Lebih bergaya bahkaan mungkin lebih unggul
dari merek lainnya yang ditawarkan dan pada umumnya dipersepsikan memiliki
kualitas yang lebih tinggi.
5. Mendampingi (Assisting other Company Effort)
Iklan hanyalah salah satu
anggota atau alat dari tim atau bauran komunikasi pemasaran. Pada saat lainnya,
peran utama periklanan adalah sebagai pendamping yang memfasilitasi upaya-upaya
lain dari perusahaan dalam proses komunikasi pemasaran.
Fungsi Iklan Menurut Mereka?
Menurut Rot
Zoill melalui Rendra
Widyatama (2007:147)
menjabarkan fungsi iklan
dalam empat fungsi.
Keempat fungsi tersebut akan
dijabarkan sebagai berikut:
a) Fungsi Precipitation
Iklan berfungsi untuk
mempercepat berubahnya suatu kondisi dari keadaan yang semula tidak dapat
mengambil keputusan menjadi dapat mengambil keputusan. Sebagai contoh adalah
meningkatkan permintaan, menciptakan kesadaran dan pengetahuan tentang sebuah
produk.
b) Fungsi Persuasion
Iklan berfungsi untuk
membangkitkan khalayak sesuai pesan yang diiklankan. Hal ini meliputi daya
tarik emosi, menyampaikan informasi tentang ciri suatu produk, dan membujuk
konsumen untuk membeli.
c) Fungsi Reinforcement (meneguhkan sikap) Iklan
mampu meneguhkan keputusan yang telah diambil oleh khalayak.
d) Fungsi Reminder
Iklan mampu mengingatkan dan
semakin meneguhkan terhadap produk yang diiklankan.
Dendy (2010: 3)
juga mengungkapkan ada lima fungsi periklanan sebagai
berikut:
1. Memberikan informasi atas
produk
2. Membujuk atau
mempengaruhi konsumen untuk mengkonsumsi produk
3. Memuaskan keinginan
(orang ingin mengetahui kandungan gizi, vitamin atau suatu produk)
4. Merupakan alat konsumsi
5. Menjaring khalayak
Nah, sekian Mengenal Pengertian, Fungsi dan Tujuan Periklanan Menurut Para Ahli
0 Response to "Mengenal Pengertian, Fungsi dan Tujuan Periklanan Menurut Para Ahli"
Posting Komentar